1 Maret 2024 Hari Apa dan Memperingati Hari Apa 2024

By | March 1, 2024

Apakah kalian mencari informasi 1 Maret 2024 Hari Apa dan Memperingati Hari Apa 2024 yang saat ini banyak di peringati oleh warga Indonesia sehingga disini kami akan membagikan informasi dengan lengkap informasi yang kalian cari saat ini.

Tanggal 1 Maret 2024 diperingati sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara. Bahkan, adanya hari ini diputuskan melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 2 Tahun 2022. Yakni, tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara yang ditandatangani oleh Presiden RI Joko Widodo.

Yakni, tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara yang ditandatangani oleh Presiden RI Joko Widodo. Tetapi, peraturan ini baru di sahkan pada tanggal 24 Februari 2022. Merangkum berbagai sumber, adapun tujuan adanya Hari Penegakan Kedaulatan Negara yakni guna menanamkan kesadaran masyarakat.

Tepatnya terhadap nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa guna memperkuat kepribadian dan harga diri bangsa. Yang mana maksud peringatan itu agar memiliki sikap pantang menyerah, patriotik, rela berkorban, berjiwa nasional.

Serta juga berwawasan kebangsaan, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional. Dipilihnya tanggal 1 Maret karena pada tanggal 1 Maret 1949 dikenal sebagai peristiwa Serangan Umum 1 Maret. Kejadian saat itu diketahui digagas oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX. 

Serangan ini diperintahkan oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman serta disetujui dan digerakkan oleh Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta. Lalu didukung oleh Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, laskar-laskar perjuangan rakyat. 

Pada 1 Maret 1949 terjadi peristiwa perlawanan Tentara Negara Indonesia (TNI). Yakni, terhadap tentara Belanda di Ibu Kota Indonesia yang saat itu Yogyakarta.

Pangarasan

Pangarasan pada weton Jumat Pahing ini adalah Lakuning Srengenge. Wataknya terang, berwibawa dan mencerahkan.

Pancasuda

Sedangkan Pancasuda weton Jumat Pahing ini Tunggak Semi. Artinya, seperti pohon yang ditebang tetapi daunnya tumbuh lagi. Dengan demikian, keberuntungan pemilik weton ini rezeki selalu lumintu atau ada terus. Penghasilan maupun pekerjaannya biasanya selalu lancar.

Wuku Galungan

Wuku Galungan, lambang dewanya Bathara Kamajaya, sifatnya tidak murahan, dapat memberikan pencerahan hati yang susah, senang terhadap perbuatan baik, jauh dari perbuatan jelek. Memangku air di bokor, berderma dengan fisiknya. Tidak bisa hemat.

Pohonnya tangan, selalu aktif tak mau menganggur. Agak keras wataknya, selalu ingin memiliki kepunyaan orang lain. Burungnya nuri, sangat boros. Keras bicaranya, merelakan kekayaannya bukan karena pujian, karenanya kalau tidak dikendalikan menjadikan jauh keberuntungannya, dan serakah.

Bagaikan burung yang hinggap di atas, biasanya mata pencahariannya dengan sarana meneliti, dengan berbagai godaan yang merintanginya. Lambangnya bambu yang kering, cenderung melarat. Bahayanya jika bertengkar.

Kala ada di Timur Laut, selama 7 hari pada wuku tersebut jangan pergi ke arah Timur Laut untuk urusan yang sangat penting.

Penutup

Dan itu tadi penjelasan akan 1 Maret 2024 Hari Apa dan Memperingati Hari Apa 2024 yang dapat kami bagikan dan semoga informasi diatas dapat memberikan penjelasan yang cukup tepat dan juga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjug dan sampai jumpa dipembahasan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *