Analisis Biaya Manfaat dan Pengertian Analisis Biaya-Manfaat

By | December 5, 2023

Apakah kalian tau apa yang dimaksud dengan Analisis Biaya Manfaat? atau Pengertian Analisis Biaya-Manfaat? jika kalian tidak tahu apa yang dimaksud dengan keduanya tentu kami akan memberikan informasi tersebut dengan lengkap untuk kalian semua, sehingga kalian tidak perlu khawatir karena kalian akan mendapatkan informasi tersebut dibawah ini.

Menurut Waluya (2011) analisis biaya manfaat merupakan alat yang digunakan untuk menganalisis semua proyek atau kegiatan yang berhubungan dengan ekonomi untuk menjaga kestabilan dan kualitas lingkungan.

Analisis biaya-manfaat adalah proses sistematis yang digunakan bisnis untuk menganalisis keputusan mana yang harus diambil dan mana yang harus diabaikan. Analis biaya-manfaat menjumlahkan potensi imbalan yang diharapkan dari suatu situasi atau tindakan dan kemudian mengurangi total biaya yang terkait dengan pengambilan tindakan tersebut.

Beberapa konsultan atau analis juga membuat model untuk menetapkan nilai dolar pada item yang tidak berwujud, seperti manfaat dan biaya yang terkait dengan tinggal di kota tertentu.

  • Analisis biaya-manfaat adalah proses yang digunakan untuk mengukur manfaat dari suatu keputusan atau pengambilan tindakan dikurangi biaya yang terkait dengan pengambilan tindakan tersebut.
  • Analisis biaya-manfaat melibatkan metrik keuangan yang dapat diukur seperti pendapatan yang diperoleh atau penghematan biaya sebagai hasil dari keputusan untuk melaksanakan suatu proyek.
  • Analisis biaya-manfaat juga dapat mencakup manfaat dan biaya tidak berwujud atau dampak dari suatu keputusan seperti semangat kerja karyawan dan kepuasan pelanggan.
  • Analisis biaya-manfaat yang lebih kompleks dapat mencakup analisis sensitivitas, diskonto arus kas, dan analisis skenario bagaimana-jika untuk berbagai pilihan.
  • Jika semua hal lainnya sama, analisis yang menghasilkan lebih banyak manfaat daripada biaya umumnya akan menjadi proyek yang menguntungkan bagi perusahaan untuk dilakukan.

Memahami Analisis Biaya-Manfaat

Sebelum membangun pabrik baru atau mengambil proyek baru, manajer yang bijaksana melakukan analisis biaya-manfaat untuk mengevaluasi semua potensi biaya dan pendapatan yang mungkin dihasilkan perusahaan dari proyek tersebut. Hasil analisis akan menentukan apakah proyek tersebut layak secara finansial atau apakah perusahaan harus melanjutkan proyek lain.

Dalam banyak model, analisis biaya-manfaat juga akan memperhitungkan biaya peluang dalam proses pengambilan keputusan. Biaya peluang (opportunity cost) adalah manfaat alternatif yang dapat direalisasikan ketika memilih satu alternatif dibandingkan yang lain. Dengan kata lain, biaya peluang adalah peluang yang hilang atau hilang sebagai akibat dari suatu pilihan atau keputusan.

Mempertimbangkan biaya peluang memungkinkan manajer proyek untuk mempertimbangkan manfaat dari tindakan alternatif dan bukan hanya jalur atau pilihan saat ini yang dipertimbangkan dalam analisis biaya-manfaat.

Dengan mempertimbangkan semua opsi dan potensi peluang yang terlewatkan, analisis biaya-manfaat menjadi lebih menyeluruh dan memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik. Terakhir, hasil agregat biaya dan manfaat harus dibandingkan secara kuantitatif untuk menentukan apakah manfaatnya lebih besar daripada biayanya.

Jika demikian, maka keputusan rasionalnya adalah melanjutkan proyek tersebut. Jika tidak, perusahaan harus meninjau proyek tersebut untuk melihat apakah mereka dapat melakukan penyesuaian untuk meningkatkan manfaat atau menurunkan biaya agar proyek dapat berjalan. Jika tidak, perusahaan kemungkinan besar harus menghindari proyek tersebut.

Identifikasi Ruang Lingkup Proyek

Langkah pertama dalam analisis biaya-manfaat adalah memahami situasi Anda, mengidentifikasi tujuan Anda, dan membuat kerangka kerja untuk membentuk ruang lingkup Anda. Ruang lingkup proyek dimulai dengan mengidentifikasi tujuan analisis biaya-manfaat.

Contoh tujuan analisis biaya-manfaat dapat berupa “untuk menentukan apakah akan melakukan ekspansi untuk meningkatkan pangsa pasar ” atau “untuk memutuskan apakah akan merenovasi situs web perusahaan”.

Tahap awal ini adalah tempat berlangsungnya perencanaan proyek, termasuk jadwal, sumber daya yang dibutuhkan, batasan, personel yang dibutuhkan, atau teknik evaluasi. Pada titik inilah perusahaan harus menilai apakah perusahaan tersebut mampu melakukan analisis.

Misalnya, sebuah perusahaan mungkin menyadari bahwa mereka tidak memiliki staf teknis yang diperlukan untuk melakukan analisis yang memadai. Selama fase pengembangan lingkup proyek, pemangku kepentingan utama harus diidentifikasi, diberitahu, dan diberi kesempatan untuk memberikan masukan selama proses berlangsung.

Mungkin bijaksana untuk memasukkan mereka yang paling terkena dampak dari hasil analisis tergantung pada temuannya (misalnya jika hasilnya adalah merenovasi situs web perusahaan, TI mungkin perlu mempekerjakan beberapa staf tambahan dan harus diajak berkonsultasi).

Tentukan Biayanya

Dengan kerangka kerja yang ada, sekarang saatnya untuk mulai melihat angka-angka. Langkah kedua dari analisis biaya-manfaat adalah menentukan biaya proyek. Biaya mungkin termasuk yang berikut ini.

  • Biaya langsung adalah tenaga kerja langsung yang terlibat dalam produksi, inventaris, bahan mentah , biaya produksi.
  • Biaya tidak langsung mungkin termasuk listrik, biaya overhead dari manajemen, sewa, utilitas.
  • Biaya keputusan yang tidak berwujud, seperti dampaknya terhadap pelanggan, karyawan, atau waktu pengiriman.
  • Biaya peluang seperti investasi alternatif, atau membeli pabrik versus membangun pabrik.
  • Biaya potensi risiko seperti risiko peraturan, persaingan, dan dampak lingkungan.

Saat menentukan biaya, penting untuk mempertimbangkan apakah biaya tersebut berulang atau biaya satu kali saja. Penting juga untuk mengevaluasi apakah biaya bersifat variabel atau tetap; jika biaya tersebut tetap, pertimbangkan biaya bertahap dan kisaran relevan apa yang akan berdampak pada biaya tersebut.

Penutup

Bagaimana sudah paham dengan informasi Analisis Biaya Manfaat dan Pengertian Analisis Biaya-Manfaat yang sudah bei.co.id bagikan diatas? kami harap informasi tersebut dapat memberikan penjelasan yang cukup tepat dan juga bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa dipembahasan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *