Jadwal Sholat Jum’at dan Waktu Sholat Jumat Selesai Jam Berapa

By | June 1, 2024

Sholat jumat selesai jam berapa dan jika dijumlah dengan durasi shalat Jumat, maka, total sekitar 15 menitan. Tujuannya agar jamaah Jumat tidak merasa bosan dan jenuh. Terlebih di antara para jamaah Jumat diisi karyawan, pegawai, mahasiswa, dosen yang notabene akan bekerja kembali selepas ibadah Jumat.

Salah satu sholat yang harus dilaksanakan oleh pria beragama islam adalah sholat jumat. Sholat jumat dilakukan sebanyak dua rakaat. Sholat ini hanya dilakukan pada hari jumat dan jam selesai sholat jumat di setiap daerah di Indonesia berbeda-beda.

Dalam agama islam, sholat terbagi menjadi dua macam. Sholat fardhu adalah ibadah yang wajib dilakukan. Sementara sholat sunnah jika tidak dikerjakan maka tak akan mendapat dosa. Sholat jumat termasuk ke dalam sholat wajib.

Waktu Sholat Jumat Selesai Jam Berapa

Sholat jumat atau jumatan adalah salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim. Hanya saja, ibadah ini dikhususkan kepada kaum pria beragama muslim. Sementara bagi kaum wanita hanya perlu melaksanakan sholat dzuhur seperti biasanya.

Seperti namanya, sholat jumat hanya dilakukan pada hari jumat. Sholat jumat dilakukan ketika mulai masuk dzuhur. Sementara jam selesai sholat jumat ketika waktu ashar masuk. Biasanya sholat jumat dilakukan selama kurang lebih empat puluh menit hingga satu jam.

Sholat jumat tersebut dilaksanakan sebanyak dua rakaat. Namun sebelum melaksanakan sholat, makmum harus mendengarkan khotbah terlebih dahulu. Lantas bagaimana tata caranya?

1. Bersuci dan Berwudhu

Hal yang pertama harus dilakukan adalah bersuci dari hadas besar dan juga berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil. Kaum pria harus melakukan mandi besar terlebih dahulu. Setelahnya baru boleh berwudhu seperti biasa.

2. Mendengarkan Khotbah dan Iqamah

Pada sholat jumat terdapat ceramah yang dibacakan oleh khatib. Khotbah tersebut wajib didengarkan karena merupakan bagian dari sholat jumat. Setelah khotbah, muadzin akan mengumandangkan iqamah sebagai tanda sholat jumat akan dimulai.

3. Menunjukkan Sholat Jumat

Sebelum menunaikan sholat jumat, kaum muslim harus membaca niat. Setelah membaca niat sholat jumat, baru boleh melaksanakan sholat dengan takbiratul ihram terlebih dahulu dan diakhiri dengan salam.

Ganjaran Tidak Melaksanakan Sholat Jumat

Ganjaran bagi pria muslim yang tidak melaksanakan sholat jumat adalah dosa besar. Selain itu Allah SWT juga akan menutup hatinya dari cahaya hidayah.

Mengutip buku Fiqh Bersuci dan Sholat Sesuai Tuntunan Nabi, Kharisman (2021), “Barangsiapa yang meninggalkan sholat jumat 3 kali karena malas, maka Allah akan menutup hatinya”. (H.R atTirmidzi).

Itu tadi adalah penjelasan mengenai tata cara dan jam selesai sholat Jumat dalam agama Islam. Jangan sampai meninggalkan sholat jumat agar tidak mendapatkan dosa, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan sampai jumpa dipembahasan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *