Manfaat Air Putih dan Mengapa Kita Perlu Banyak Minum Air Putih

By | June 9, 2024

Air merupakan bagian penting untuk kehidupan sebagian besar tubuh kita terdiri dari air, tanpa air manusia akan mengalami dehidrasi dan lebih cepat mati dibandingkan tanpa makanan. Air berfungsi untuk mentransportasi mineral, vitamin, protein dan zat gizi lainnya ke seluruh tubuh.

Keseimbangan suhu tubuh akan sangat tergantung pada air, karena air merupakan pelumas jaringan tubuh sekaligus bantalan sendi-sendi, tulang, dan otot. Mengkonsumsi air secara cukup dapat meningkatkan fungsi hormon, memperbaiki kemampuan hati untuk memecah dan melepas lemak, serta mengurangi rasa lapar.

Sebaliknya, kurang air dapat menyebabkan konstipasi, infeksi saluran urin, terbentuknya batu ginjal, kelelahan, dan masalah-masalah seputar kulit, rambut, dan kuku.

Menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal. Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur.

Mengapa Kita Harus Minum Air Putih 8 Gelas Per Hari

Diantaranya: Menghindari dehidrasi. Mengurangi risiko kanker kandung kemih. Memperlancar pencernaan. Perawatan kulit. Tubuh manusia membutuhkan air minum untuk mengkonsumsi hingga 1-2,5 liter sebanyak atau setara dengan 68 gelas per hari (Sari, 201).

Hal ini dimaksudkan agar cairan yang keluar dari tubuh manusia dapat digantikan oleh cairan yang masuk, sehingga terjadi keseimbangan dan tidak membuat seseorang mengalami dehidrasi.

Orang dewasa disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas atau sekitar 2 liter air setiap hari. Ada berapa Manfaat Minum Air Putih antara lain : Mencegah Dehidrasi. Sendi dan Otot Lebih Sehat.

Hal ini dapat menyebabkan gangguan ginjal seperti batu ginjal dan infeksi saluran kemih. Otak sangat membutuhkan air untuk dapat bekerja dengan baik. Sehingga, kurang minum air putih dapat menyebabkan kelelahan, sulit berkonsentrasi, dan bahkan masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan.

Perlu dipahami bahwa minum air putih secara berlebihan dapat menyebabkan overhidrasi yang berisiko mengganggu keseimbangan elektrolit berupa hiponatremia (menurunnya kadar garam di dalam tubuh). Adapun sejumlah gejala umum dari hiponatremia adalah: Perut kembung. Kram dan lemah otot.

Manfaat Minum Air Putih untuk Tubuh

  1. Menyehatkan pencernaan dalam tubuh: Air putih dapat melancarkan pencernaan dan meringankan masalah seperti kembung dan sembelit
  2. Meningkatkan daya ingat otak: Kandungan kalium dalam air putih mengaktifkan elektrolit yang ada di otak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
  3. Baik untuk perawatan kulit: Mengkonsumsi air putih membuat kulit bebas dari noda, lebih lembab, kenyal, dan lebih bercahaya
  4. Menjaga kesehatan tulang: Air putih memiliki kandungan kalsium, air putih sangat baik dikonsumsi setiap hari
  5. Menjaga tekanan darah: Air putih dapat membantu seseorang yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi
  6. Menghindari penyakit jantung: Mengkonsumsi air putih secara rutin dapat membantu membuka jalur yang tersumbat dalam peredaran darah
  7. Mengatur lemak tubuh: Mengkonsumsi air putih membantu pemecahan lemak hingga membakar beberapa ekstra lapisan lemak dalam tubuh

Ada beberapa ketentuan air minum yang layak dan aman untuk dikonsumsi menurut Kementerian Kesehatan RI, yakni air yang tidak memiliki rasa, bau atau warna, tidak mengandung bakteri, dan tidak mengandung bahan kimia melebihi batas yang diperbolehkan.

Dapatkan manfaat minum air putih bagi kesehatan dengan mengonsumsi air putih secara rutin setiap hari, dan lengkapi dengan pola hidup yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *