Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil dan Janin yang Perlu Diketahui

By | June 9, 2024

Manfaat Buah Bit tentunya sangatlah beragam selain bermanfaat untuk ibu hamil, buah bit juga memiliki manfaat luar biasa untuk janin. Ini karena buah bit kaya akan antioksidan, vitamin, mineral, dan zat nitrat yang bisa melancarkan aliran darah ke janin.

Dengan begitu, janin bisa mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi yang lebih optimal. Manfaat buah bit untuk ibu hamil sangat menyehatkan, karena buah berwarna merah ini bisa mencegah infeksi agar Bumil tidak mudah sakit, meringankan kram kaki, sampai mencegah preeklamsia.

Manfaat buah bit untuk ibu hamil berasal dari kandungan nutrisinya yang melimpah. Buah ini diketahui mengandung dua nutrisi makro, yakni protein juga karbohidrat, serta dua vitamin yang penting untuk imunitas, yakni vitamin A dan vitamin C.

Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil dan Janin

Buah bit juga dilengkapi dengan beragam mineral yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin, seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium. Mengonsumsi buah ini selama hamil tentu bisa menjaga kesehatan ibu dan bayi sampai persalinan nanti. 

Daftar Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil

Karena warnanya yang cerah dan bentuknya yang bulat, bit dikenal sebagai buah. Padahal, sebenarnya bit termasuk ke dalam umbi-umbian, lho, sama seperti ubi dan singkong. 

Ibu hamil yang mengonsumsi bit bisa memperoleh beragam manfaat kesehatan berikut ini: 

1. Menjaga tekanan darah tetap normal

Tekanan darah tinggi saat hamil atau hipertensi gestasional bisa menyebabkan kelahiran prematur, pertumbuhan janin terhambat, timbulnya penyakit kardiovaskular, sampai gangguan plasenta.

Untuk mencegahnya, Bumil perlu membatasi asupan garam dan memperbanyak mengonsumsi makanan bergizi setiap hari, salah satunya adalah buah bit. Soalnya, bit tinggi kalium dan antioksidan, serta mengandung pigmen merah betalain, yang diketahui bisa menjaga tekanan darah tetap normal.  

2. Mencegah preeklamsia

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu manfaat buah bit untuk ibu hamil adalah menjaga tekanan darah tetap normal. Dengan tekanan darah yang stabil, Bumil pun bisa terhindar dari preeklamsia. 

Preeklamsia merupakan komplikasi kehamilan yang bisa menghambat penyerapan nutrisi janin sehingga tumbuh kembang janin tidak sesuai dengan usianya. Bahkan, buah hati bisa mengalami beberapa gangguan kesehatan setelah lahir, seperti gangguan penglihatan dan pendengaran serta epilepsi.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat buah bit untuk ibu hamil selanjutnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Berkat kandungan protein, antioksidan, vitamin A, dan vitamin C di dalam buah ini, imunitas Bumil akan makin kuat untuk melawan kuman penyebab penyakit sehingga Bumil tidak mudah sakit.

4. Meringankan kram kaki

Salah satu keluhan yang sering kali dialami ibu hamil adalah kram kaki. Keluhan ini bisa, lho, diatasi dengan meluruskan kedua kaki, memijat area yang sakit, serta mengompres hangat bagian yang kram.

Selain itu, keluhan ini juga bisa berkurang jika Bumil mencukupi asupan kalium harian yang dibutuhkan. Bumil bisa memperoleh mineral ini dari vitamin prenatal atau makanan bergizi, seperti buah pisang dan buah bit.

5. Mencegah dan mengatasi sembelit

Kandungan serat dalam buah bit sangat baik untuk menjaga pencernaan ibu hamil dan membuat feses lebih lunak serta mudah dikeluarkan. Berkat manfaat ini, Bumil pun bisa terhindar dari sembelit dan bisa BAB dengan lancar.

6. Menstabilkan gula darah

Manfaat buah bit untuk ibu hamil berikutnya adalah mengendalikan kadar gula darah. Khasiat ini berasal dari senyawa kimia yang terbukti memiliki efek mengatur glukosa dan insulin di dalam tubuh. Dengan kadar gula darah yang stabil, Bumil bisa terhindar dari diabetes gestasional yang sering dialami oleh ibu hamil yang sering muncul pada minggu 24–28 kehamilan.

7. Mencegah anemia

Ibu hamil rentan mengalami anemia atau kurang darah karena keluhan mual dan muntah yang parah. Hal ini bisa membuat ibu hamil susah makan dan minum sehingga lebih berisiko mengalami kekurangan asupan folat dan zat besi. Padahal, kedua nutrisi berperan penting dalam membentuk sel darah merah.

Anemia bisa membuat Bumil lemas, lelah, sakit kepala, juga lesu, serta dapat menghambat perkembangan dan pertumbuhan janin. Guna mencegah kondisi ini, Bumil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin prenatal dan makanan bergizi, salah satunya adalah buah bit. Buah ini tinggi folat yang bisa mencegah anemia pada ibu hamil.

8. Mengendalikan kenaikan berat badan

Mengalami kenaikan berat badan saat hamil adalah hal yang normal. Namun, jangan sampai berat badan Bumil terlampau tinggi, ya. Ini karena peningkatan berat badan yang berlebihan bisa memicu obesitas. Untuk mencegahnya, Bumil perlu mengonsumsi buah-buahan, seperti buah bit. 

Kandungan serat, protein, juga karbohidrat di dalam buah ini bisa membuat perut Bumil kenyang lebih lama sehingga bisa menekan keinginan Bumil untuk ngemil dan ngidam makanan tidak sehat yang bisa meningkatkan bobot tubuh. 

Selain bermanfaat untuk ibu hamil, buah bit juga memiliki manfaat luar biasa untuk janin. Ini karena buah bit kaya akan antioksidan, vitamin, mineral, dan zat nitrat yang bisa melancarkan aliran darah ke janin. Dengan begitu, janin bisa mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi yang lebih optimal.

Selain itu, folat di dalam buah bit juga tidak hanya bisa mencegah anemia pada ibu hamil, tetapi juga mencegah cacat bawaan lahir pada janin.

Penutup

Beragam manfaat buah bit untuk ibu hamil di atas bisa Bumil dapatkan jika rutin mengonsumsi buah ini. Untuk mengonsumsi buah bit, Bumil bisa mengolahnya menjadi jus tanpa pemanis tambahan atau salad.

Dan itulah tadi penjelasan akan Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil dan Janin yang Perlu Diketahui yang dapat bei.co.id bagikan kami harap informasi tersebut dapat memberikan penjelasan yang cukup tepat dan juga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa dipembahasan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *