Manfaat dan Rahasia Daun Kelor dalam Al-Qur’an

By | April 18, 2024

Manfaat daun kelor dapat ditemukan dalam Al Qur’an, terutama dalam surah Al-Fath ayat 29. Dalam ayat ini, daun kelor digambarkan sebagai tanaman yang memberikan kesenangan dan kesejukan hati. Selain itu, Al Qur’an juga menggambarkan daun kelor sebagai tanaman yang diciptakan khusus oleh Allah SWT untuk mengganggu hati orang-orang kafir.

Mungkin sebagian dari kita baru mengetahui tentang kandungan manfaat daun kelor dalam Al Qur’an ini. Tanaman kelor tumbuh subur di Indonesia dan telah lama digunakan dalam pengobatan.

“…Demikianlah sifat-sifat mereka dalam taurat dan sifat-sifat mereka dalam injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman ini menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mu’min)…” (QS. Al Fath ayat 29).

Sejak dahulu, daun kelor diyakini memiliki kemampuan untuk mengusir jin dan entitas gaib, sebuah keyakinan yang dianut oleh nenek moyang kita.

Manfaat dan Rahasia Daun Kelor secara Spiritual

Manfaat daun kelor juga memiliki dimensi spiritual yang diakui oleh masyarakat Jawa. Aroma kuat dari daun kelor diyakini mampu melawan gangguan roh halus, serta melemahkan dan mengatasi ilmu hitam. Berikut adalah beberapa manfaat daun kelor dari perspektif spiritual:

  • Pengobatan Kesurupan

Untuk menangani kasus kesurupan, Anda dapat meremas daun kelor dan menghembuskan bacaan ayat Kursi tujuh kali, kemudian mengoleskannya di setiap sendi penderita kesurupan.

  • Perlindungan dari Guna-guna, Santet, dan Energi Negatif

Untuk menghapuskan pengaruh buruk guna-guna, santet, serta membangun pagar perlindungan diri, Anda bisa merebus daun kelor dengan jumlah yang cukup. Minum air rebusan daun kelor sambil membaca Al-Fatihah, sementara sisanya dapat digunakan untuk mandi.

Namun, sebelum menggunakan air rebusan daun kelor untuk mandi, disarankan agar membaca doa berikut ini terlebih dahulu:

“Allaahumma inni audzu bika min hamazatish-shayatin wa audzu bika robbi an yahdurun,”

Menggunakan manfaat spiritual daun kelor ini adalah salah satu contoh praktik kepercayaan yang telah berakar di budaya masyarakat kita. Dengan memahami dan mengaplikasikan manfaat tersebut, kita dapat menjaga keseimbangan spiritual dan kesejahteraan diri.

Manfaat Daun Kelor Secara Medis

Secara medis daun kelor memiliki banyak manfaat kesehatan dan nutrisi yang dapat bermanfaat bagi tubuh manusia. Berikut beberapa manfaat dari daun kelor:

Sumber Nutrisi: Daun kelor kaya akan berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B-complex, kalsium, zat besi, magnesium, dan protein. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Antioksidan: Daun kelor mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan beta-karoten, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit degeneratif dan penuaan dini.

Penguat Sistem Kekebalan Tubuh: Kandungan vitamin C dalam daun kelor dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih mampu melawan infeksi dan penyakit.

Mendukung Kesehatan Mata: Kandungan vitamin A dan beta-karoten dalam daun kelor baik untuk kesehatan mata. Vitamin A penting untuk menjaga penglihatan yang baik dan mencegah masalah mata.

Mendukung Kesehatan Tulang: Daun kelor mengandung kalsium dan fosfor yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Ini dapat membantu mencegah risiko osteoporosis.

Pengatur Gula Darah: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kelor dapat membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh, sehingga dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Anti-inflamasi: Senyawa anti-inflamasi dalam daun kelor dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat membantu meredakan gejala berbagai penyakit peradangan.

Detoksifikasi: Daun kelor memiliki sifat detoksifikasi yang dapat membantu membersihkan tubuh dari zat-zat berbahaya.

Mendukung Sistem Pencernaan: Daun kelor mengandung serat, yang penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mengurangi masalah sembelit.

Mendukung Kesehatan Jantung: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kelor dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan tekanan darah, sehingga dapat mendukung kesehatan jantung.

Sekian ulasan mengenai manfaat daun kelor baik itu dari sudut pandang spriritual ( Al Qur’an) maupun dari data-data medis, semoga bermanfaat.

Akhir Kata

Dan itu tadi penjelasan akan Manfaat dan Rahasia Daun Kelor dalam Al-Qur’an yang dapat kami bagikan dan semoga informasi kali ini memberikan penjelasan dan informasi yang tepat dan juga bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung dan sampa jumpa dipembahasan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *