Manfaat Daun Sirsak Menurut Ilmu Kedokteran untuk Wanita

By | April 20, 2024

Kandungan kalsium dan vitamin E di dalam daun sirsak dipercaya dapat memberikan manfaat untuk wanita saat periode haid, yaitu mengurangi kram menstruasi. Selain menjaga kesehatan tulang, kalsium dalam daun sirsak diyakini memberi manfaat untuk membantu mengurangi nyeri haid karena dapat menjaga kekencangan otot.

Daun sirsak terbukti juga dapat meningkatkan produksi jumlah sperma pada pria, sedangkan pada wanita dipercaya dapat memperkuat rahim. Berfungsi sebagai anti-bakteri, daun sirsak juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit paru-paru, baik paru-paru basah maupun kering.

Sirsak adalah buah yang berasal dari Amerika Selatan, Afrika dan Asia Tenggara. Selain buahnya yang lezat dimakan, ternyata daunnya pun berkhasiat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan seperti dilansir dari Stylecraze.

1. Mengobati Kanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak dapat menghambat sel kanker lebih cepat dan efekif dibanding kemoterapi. Sirsak juga memiliki bahan aktif 1000 kali lebih kuat daripada kemoterapi.

Cara menggunakannya, rebus 10 lembar daun sirsak dan tuangkan dalam satu gelas cangkir. Minum ramuan ini setiap pagi selama 3-4 minggu.

2. Obati Asam Urat

Untuk obati asam urat, daun sirsak adalah ahlinya. Bahkan, banyak obat-obatan lain yang menggunakan bahan baku daun sirsak.

Cara menggunakannya, rebus 6-10 lembar daun sirsak yang sudah tua tapi masih hijau. Sebelumnya, cuci bersih dulu daun tersebut. Ekstrak air daun sirsak menjadi 1 gelas, lalu diminum. Minum ramuan ini pagi dan sore hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Mengobati Rematik

Berbeda dengan dua cara sebelumnya, untuk mengobati rematik Anda tinggal menghaluskan daun sirsak. Kemudian, oleskan daun sirsak tersebut pada daerah tubuh yang terkena rematik dua kali sehari.

4. Atasi Diabet

Batas kadar gula normal berkisar antara 70 sampai 120 mg. Lebih dari itu, maka Anda terancam mengalami diabetes. Nah, dengan mengonsumsi daun sirsak, Anda dapat terhindar dari diabetes sebab daun tersebut merupakan obat alami untuk menstabilkan kadar gula.

5. Mengobati Bisul

Bisul adalah gangguan kulit yang ditandai dengan tonjolan besar bernanah di dalamnya. Bisul dapat menyerang siapapun, untuk itu, Anda harus selalu menjaga kesehatan. Bagi yang memiliki kisul, tempelkan beberapa lembar daun sirsak yang telah dihancurkan pada bisul.

Penutup

Kandungan senyawa dalam daun sirsak berisiko menyebabkan asam lambung naik hingga ke kerongkongan. Saat asam lambung naik, maka semua makanan kembali ke kerongkongan lalu membuat kondisi asam berlebih.

Kondisi ini ditandai dengan gejala asam lambung yang naik dan itu tadi penjelasan yang dapat kami bagikan semoga informasi kali ini dapat memberikan penjelasan yang cukup tepat dan juga beramnfaat, terimakasih dan sampai jumpa dipembahasan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *