Mengenang Profil Mak Nyak Aminah Candrakasih Google

By | January 31, 2024

Mak Nyak Aminah Candrakasih Google menjadi salah satu sosok aktris senior Indonesia yang kini wajahnya digunakan Google Doodle pada hari ini. Google Doodle hari ini memunculkan sosok aktris senior Indonesia Aminah Cendrakasih.

Aminah Cendrakasih adalah aktris Indonesia yang populer dengan perannya sebagai karakter Mak Nyak dalam serial Si Doel Anak Sekolahan.Kemunculan Aminah Cendrakasih hari ini, Senin (29/1) bertepatan dengan hari ulang tahun sang aktris senior.

Maka, Google Doodle menggunakan ilustrasi wajah Aminah Cendrakasih di mana wajah sang aktris senior muncul di huruf ‘O’ dalam kata ‘Google’. Untuk lebih lengkapnya kalian dapat menyimak ulasan kami dibawah ini.

Profil Mak Nyak Aminah Candrakasih Google

Lahir dengan nama lengkap Siti Aminah Tjendrakasih pada 29 Januari 1938 di Magelang, Aminah tumbuh menjadi salah satu aktris kawakan di dunia perfilman Indonesia. Anak dari aktris Indonesia, Wolly Sutinah, itu memulai karier sejak 1955 dengan menjadi model setelah lulus dari Sekolah Kepandaian Putri Magelang.

Sang aktris merupakan anak dari salah satu pemeran senior Wolly Sutinah atau dikenal Mak Wok dan ayahnya pelawak Husni Nagib. Aminah mengenal dunia panggung melalui pendidikan si Sekolah Kepandaian Putri (SKP) di mana tahun 1955 ia menerima pentas sandiwara pertama sebagai pemain dan penyanyi.

Ia menerima film pertamanya tahun 1955 berjudul Oh Ibuku di mana dirinya beradu akting dengan sang ibunda Wolly Sutinah. Sejak itu, ia mulai keranjingan bermain film mulai Gambang SemarangIbu dan Putri, serta Serampang 12.

Tahun 1959, Aminah membintangi ‘Habis Gelap Terbitlah Terang‘ dan menikah lalu menghilang hingga tahun 1970. Dari tahun 1955 hingga 1989, Aminah tercatat membintangi 101 film sebagai pemeran pembantu maupun utama.

Nama Aminah semakin berkembang hingga menuai popularitas melalui sinetron ‘Si Doel Anak Sekolahan‘ mulai tahun 1994 hingga 1997. Aminah sempat dianugerahi gelar pemeran dengan pengabdian seumur hidup terpuji (Life Time Achievements) tahun 2012 dalam ajang Festival Film Bandung.

Tahun 2019, Aminah menerima Piala Maya dalam kategori Penampilan Singkat nan Berkesan atas perannya dalam fiilm Si Doel The Movie. Aminah Cendrakasih meninggal dunia pada Rabu, 21 Desember 2022 akibat sakit yang dideritanya.

Penutup

Profil Mak Nyak Google memberikan gambaran yang menarik tentang peranannya dalam menghadirkan pengalaman pencarian yang lebih personal dan efisien bagi pengguna internet. Dengan kecerdasan buatan yang canggih, Mak Nyak Google telah menjadi teman setia dalam menjawab pertanyaan, menyediakan informasi terkini, dan membantu menghubungkan dunia digital dengan lebih baik.

Dibalik layar, keberhasilan Mak Nyak Google tidak hanya merupakan prestasi teknologi, tetapi juga hasil dari tim yang berdedikasi untuk terus mengembangkan kemampuannya. Melalui profil ini, kita dapat melihat bagaimana Mak Nyak Google menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, menjadi mitra setia dalam menyusun puzzle informasi digital yang begitu kompleks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *