Nama Latin Jahe Merah Manfaat Air Jahe dan Gula Merah

By | May 6, 2024

Jahe merah yang memiliki nama latin Zingiber Officinale Var Rubrum Rhizoma adalah tanaman rimpang yang sering kita jumpai di sekitar kita yang digunakan sebagai tanaman obat tradisional maupun bumbu dapur, Jahe merah mengandung zat gingerol dan shogaol sebagai antioksidan.

Manfaat pertama yang didapat dari mengonsumsi jahe dan gula merah adalah mampu mengatasi nyeri. Kandungan Fenol dan Gingerol pada jahe memiliki sifat antinyeri hingga bisa meredakan rasa sakit. Ada hal-hal yang harus diperhatikan jika Anda akan mengonsumsi air jahe setiap hari.

Pada beberapa kasus, jahe bisa memicu sakit perut, penumpukan gas, hingga mulas, terutama jika dikonsumsi berlebihan. Anda yang memiliki batu empedu juga patut mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter.

Manfaat Air Jahe dan Gula Merah

Air rebusan jahe dan serai memiliki rasa yang menghangatkan tubuh, sehingga cocok diminum di pagi atau pun malam hari, air rebusan rempah ini juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang telah terbukti, termasuk mengobati mual, kecemasan, peradangan dan bahkan beberapa jenis kanker.

Agar lebih lezat, Anda pun bisa menambahkan gula merah ke dalam campuran tersebut. Khasiat rebusan jahe, serai, dan gula merah antara lain bisa mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan darah tinggi, hingga membantu menyehatkan pencernaan.

Manfaat air jahe dan gula merah yang biasanya dikombinasikan juga dengan serai dan jahe merupakan rempah-rempah yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Apalagi air rebusan dari rempah-rempah ini juga dianggap bisa membantu meredakan berbagai penyakit.

Semakin nikmat, gula merah cocok dipadukan dalam minuman ini. Air jahe atau rebusan jahe serta gula merah akan berkhasiat untuk mencegah berbagai macam penyakit seperti halnya jantung, darah tinggi, dan lain-lainnya.

Selain itu juga, manfaat yang lainnya adalah dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan. Tentu saja manfaatnya memang sudah diyakini sejak adanya nenek moyang kita. Namun, biasanya klaim ini hanya didasarkan kepada cerita secara turun-temurun.

Cegah Penyakit Berbahaya dan Redakan Nyeri

Manfaat air jahe dan gula merah yang pertama adalah dapat mencegah kita dari penyakit berbahaya. Khasiat dari air rebusan jahe ini memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas berlebih, yang akan bisa memicu terjadinya berbagai penyakit berbahaya seperti halnya jantung, kanker, dan penyakit saraf seperti alzheimer dan parkinson Redakan Nyeri.

Manfaat air rebusan jahe dan gula merah berikutnya adalah ampuh atasi nyeri. Hal ini didapatkan dari kandungan Gingerol dan Fenol yang merupakan senyawa kimia bersifat antinyeri dan dapat meredakan rasa sakit.

Kedua senyawa tersebut berkhasiat meredakan gejala iritasi lambung, meredakan kram perut menstruasi, hingga nyeri otot setelah berolahraga. Sebuah penelitian yang melibatkan 60 orang dewasa pengidap migrain melaporkan bahwa air jahe bekerja lebih baik meredakan gejala migrain jika digunakan sebagai terapi tambahan, dibandingkan dengan hanya minum obat pereda nyeri saja.

Hilangkan Mual dan Turunkan Berat Badan

Manfaat air rebusan jahe dan gula merah yang berikutnya adalah dapat membantu untuk menghilangkan mual. amor jahe sebagai penghilang mual dan pencegah mabuk laut sudah tidak perlu diragukan lagi. Minum air jahe juga bermanfaat untuk meredakan mual-muntah, termasuk yang muncul sebagai efek samping pemulihan setelah operasi, kemoterapi, dan kehamilan (morning sickness).Turunkan Berat Badan

Manfaat air rebusan jahe dan gula merah yang selanjutnya adalah bantu untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 10 pria melaporkan bahwa rutin minum air jahe panas setelah sarapan menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama daripada hanya makan pagi saja. Studi lain juga menemukan bahwa jahe dapat membantu mengurangi nafsu makan.

Sebuah artikel di British Journal of Nutrition melaporkan bahwa jahe mampu mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol, serta meningkatkan laju metabolisme sehingga tubuh lebih efektif membakar lemak.

Akhir Kata

Dan itulah tadi penjelasan akan Nama Latin Jahe Merah Manfaat Air Jahe dan Gula Merah yang dapat kami bagikan kami harap informasi ini dapat memberikan penjelasan yang cukup tepat dan juga bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa dipembahasan bei.co.id selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *