Panduan dan Cara Memilih Bibit Buah yang Baik

By | October 8, 2023

Cara Memilih Bibit Buah yang Baik tentunya akan sangat mempengaruhi kualitas buah yang akan di hasilkan di masa depan, bagaimana cara memilih bibit buah juga perlu di perhatikan dan tentunya bibit tanaman yang baik dan sehat mempunyai beberapa ciri.

Diantaranya memiliki daun yang berwarna hijau, terlihat cerah dan pada bagian pucuk warnanya akan terlihat hijau kemerahan. Sementara pada bagian batang, tampak kokoh dan besar.

Penanaman bibit menjadi lebih aman karena sifatnya yang sama persis dengan induknya. Jika induknya cepat berbuah, maka bibitnya pun nanti juga akan cepat berbuah sehingga pemilihan dalam induk akan berpengarus besar dalam pertumbuhan.

Cara Memilih Bibit Buah yang Baik

Memilih Bibit Tanaman Buah Yang Baik adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan agar tanaman buat yang Anda tanam baik. Buahnya juga sesuai keinginan Anda. Menanam bibit tanaman buah baik yang digunakan untuk perkebunan maupun untuk ditanam di rumah memang perlu teknik penanaman yang benar.

Namun bibit tanaman yang berkualitas baik ternyata juga sangat mempengaruhi dari pertumbuhan dan perkembangan dari tanaman buah yang ditanam tersebut. Untuk itu, ketika membeli bibit tanaman buah tentunya harus memilih bibit tanaman dengan kualitas terbaik yang sesuai ciri-ciri bibit tanaman.

Untuk memilih bibit buah yang baik, terlebih dahulu Anda kenali Ciri-Ciri Bibit Tanaman Buah Berkualitas dan unggul sebagai berikut:

  • Pertumbuhan bibit seragam.
  • Ketika ditanam menghasilkan tanaman yang sehat, tumbuh subur, dan dapat menghasilkan buah dalam waktu yang telah ditentukan.
  • Ketika bibit dipindah, tumbuh lebih cepat, kokoh dan menghijau
  • Tidak mudah terserang hama dan penyakit.
  • Produktivitas tinggi, seperti buah yang tumbuh lebih banyak.

1. Pada bagian Daun

Bibit tanaman buah yang berkualitas unggul bisa Anda lihat di bagian daun. Pastikan Anda memilih bibit tanaman buah yang memiliki daun berwarna hijau cerah atau pucuknya yang hijau merah. Ukuran daunnya tampak membesar, tidak ada bekas termakan hama baik ulat maupun hama lainnya. Perlu Anda curigai bila daun ada yang keriting dan menggulung. Pastikan semua daunnya sehat dengan lebar yang sama dan warna daun yang segar.

2. Pada Bagian Batan

Selain kondisi daun yang sehat, kondisi batang bibit tanaman buah juga harus dalam kondisi yang baik. Anda bisa melihat bibit tanaman berkualitas unggul dengan batang yang dalam kondisi baik. Yaitu tidak adanya bekas sambungan di batang.

Apabila ada benjolan antara batang atas dan batang bawah pastikan harus tegak mengarah keatas dan tidak bengkok. atau merunduk ke bawah. Jika bibit tanaman buah sudah memiliki panjang lebih dari 1 meter, Anda harus memilih bibit tanaman buah yang sudah ada percabangannya. Jangan pilih bibit tanaman yang terdapat jamur di sekitar batang karena bibit tersebut tidak baik untuk di tanam.

Bibit tanaman buah yang baik memiliki batang utama yang lurus dan tumbuh tegak, tidak melengkung, warna cerah beralur, potongan cabang tidak dipaksakan, bentuk proporsional dan pada ujung ranting tampak kuncup yang menandakan adanya pertumbuhan.

3. Pada Bagian Akar

Bagian akar juga menentukan bahwa bibit tanaman buah tersebut berkualitas atau tidak, Anda bisa lihat akar yang baik dengan membongkar media tanam yang digunakan, bibit tanaman buah yang nantinya akan tumbuh subur di tandakan dengan akar serabut yang banyak, dengan banyaknya akar serabut yang tumbuh biasanya sudah sampai ketepian.

4. Pada Bagian Buah

Tips selanjutnya adalah dengan melihat pada bagian buah, apabila bibit tanaman sudah berbuah Anda harus perhatikan mengenai daunnya apakah rontok ketika berbuah atau tidak. Selain itu, kondisi buah yang tumbuh juga harus dengan ukuran yang normal, tidak mudah berulat, warna kulit buah cerah dan memiliki rasa yang sesuai dengan perkiraan atau jenis dari buah tersebut.

Penutup

Penjelasan mengenai Panduan dan Cara Memilih Bibit Buah yang Baik diatas semoga dapat memberikan penjelasan yang cukup tepat dan juga bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa dipembahasan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *