Pendaftaran CPNS dan PPPK Tahun 2024 Simak Lebih Lanjut

By | April 15, 2024

Pendaftaran CPNS dan PPPK Tahun 2024 oleh pemerintah dalam waktu dekat ini akan dilakukan pembukaan rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Formasi khusus yang dimaksud adalah untuk pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kesehatan tahun CPNS dan PPPK Tahun 2024.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) merilis jumlah kebutuhan ASN tahun ini sebanyak 2.302.543 formasi. Lalu 22 persen dispesifikkan untuk tenaga pendidik di daerah.

Sedangkan sisanya adalah lowongan untuk dosen, guru dan juga tenaga kesehatans erta tenaga teknik pada instansi pusat sejumlah 207.247 CPNS. Di samping itu, kebutuhan dibuka bagi guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis sebanyak 221.936 PPPK di instansi pusat juga.

Untuk kebutuhan di Pemerintah daerah terdapat 483.575 CPNS untuk tenaga teknis. Sedangkan lowongan tenaga guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknik untuk PPPK sejumlah 1.383.758.

Sebenarnya usulan formasi sudah ditutup sejak Januari. Dan kini sudah ada usulan dari 478 instansi daerah untuk formasi guru, sebanyak 169 instansi daerah mengusulkan 22.142 formasi guru CPNS dan 155.151 usulan PPPK untuk 467 instansi daerah.

Pihak pemerintah pun berupaya sekuat tenaga untuk menuntaskan permasalahan honorer dan targetnya sudah tuntas pada akhir tahun 2024 ini. penyelesaian ini berdasarkan database Badan kepegawaian negara atau BKN.

Pada seleksi CASN tahun ini, ada perbedaan yang mencolok dari tahun-tahun sebelumnya. Rencananya, pada seleksi yang terdiri dari CPNS dan PPPK tahun 2024 ini bakalan berlangsung sebanyak tiga periode.

Jadwal Pembukaan Formasi CPNS dan PPPK Tahun 2024

Lantas kapan pemerintah akan mengumumkan secara resmi rekrutmen CPNS dan PPPK di instansi pusat ini? rencana pengumuman tersebut akan dilakukan pada Mei Mendatang. 

Hal ini diungkapkan oleh Pelaksana Tugas Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto, “Bulan Mei akhir akan kita lakukan pengumuman formasi apa saja yang dibuka dalam rekrutmen ASN 2024 meliputi CPNS dan PPPK,” jelasnya.

Lebih lanjut, pelaksanaan tes akan berlangsung serentak pada Juni 2024. Ini untuk tes CPNS dan PPPK instansi pemerintah pusat. Sedangkan untuk instansi daerah akan resmi dilakukan pada Bulan September mendatang.

Informasi rekrutmen CPNS 2024  pada bulan Mei mendatang dapat dilihat melalui laman sscasn.bkn.go.id.

Pada seleksi pendaftaran CASN tahun ini, terdapat beberapa poin penting yang wajib diperhatikan para pelamar jika bicara mengenai link pendaftaran CPNS 2024 sscasn.bkn.go.id, serta jumlah formasi maupun jadwal resminya.

Sementara itu, Kementerian Agama (Kemenag) akan menyiapkan sebanyak 110.553 formasi dalam rekrutmen CPNS dan PPPK 2024. Formasi tersebut terdiri atas 20.772 CPNS dan 89.781 PPPK dan tercatat sebagai farmasi terbesar sepanjang sejarah.

Penutup

Itulah informasi terbaru tentang pembukaan lowongan CPNS dan PPPK di instansi pusat maupun daerah. Persiapkan diri anda untuk mendaftar ya. Terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa dipembahasan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *