Pengertian Estimasi Parameter dan Uji Statistik Hipotesis

By | November 6, 2023

Pengertian estimasi parameter dan uji statistik hipotesis merupakan karakteristik numerik yang hanya menggambarkan beberapa sampel dari keseluruhan populasi, parameter sering digunakan jika populasi dari objek cenderung sedikit.

Statistik digunakan dalam sampel suatu populasi besar. Uji Hipotesis adalah metode pengambilan keputusan yang didasarkan dari analisa data dalam statistik sebuah hasil dapat dikatakan signifikan secara statistik jika kejadian tersebut hampir tidak mungkin disebabkan oleh faktor yang kebetulan, sesuai dengan batas probabilitas yang sudah ditentukan sebelumnya.

Statistik adalah teknik statistika untuk mengetahui parameter dalam populasi (rata-rata , standar deviasi , proporsi p, koefisien korelasi , dsb) dengan menggunakan statistik dalam sampel acak yang sesuai (rata-rata , standar deviasi s, proporsi , koefisien korelasi r, dsb).

Dengan estimasi dimaksudkan untuk menggambarkan suatu karakteristik tertentu tentang populasi (parameter) dengan menggunakan nilai-nilai yang didapat dari sampel (statistik), sedangkan dengan uji hipotesis dimaksudkan sebagai cara untuk mmecahkan/menjawab permasalahan yang ada pada populasi dengan mendasarkan data.

Estimasi Parameter dan Uji Statistik Hipotesis

Estimasi parameter adalah proses untuk mengestimasi atau memperkirakan nilai dari suatu parameter populasi berdasarkan data sampel yang tersedia. Parameter populasi adalah karakteristik yang ingin diketahui atau diuji dalam suatu populasi, seperti rata-rata, proporsi, atau varians.

Estimasi parameter dilakukan dengan menggunakan metode statistik, seperti metode titik atau metode interval. Metode titik digunakan untuk mengestimasi nilai parameter dengan menggunakan satu angka tunggal yang dianggap sebagai perkiraan terbaik.

Contoh metode titik adalah estimasi rata-rata populasi menggunakan rata-rata sampel. Metode interval digunakan untuk mengestimasi nilai parameter dengan menggunakan interval atau rentang nilai yang mengandung nilai parameter dengan tingkat kepercayaan tertentu dan contoh metode interval adalah estimasi rata-rata populasi dengan interval kepercayaan.

Pengertian Uji Statistik Hipotesis

Uji statistik hipotesis adalah prosedur statistik yang digunakan untuk menguji kebenaran suatu hipotesis tentang parameter populasi berdasarkan data sampel yang tersedia. Hipotesis adalah pernyataan yang diajukan untuk diuji kebenarannya.

Dalam uji statistik hipotesis, terdapat dua hipotesis yang diajukan, yaitu hipotesis nol (H0) dan hipotesis alternatif (H1). Hipotesis nol adalah hipotesis yang diasumsikan benar sebelum dilakukan pengujian, sedangkan hipotesis alternatif adalah hipotesis yang ingin dibuktikan atau diterima jika hipotesis nol ditolak.

Prosedur uji statistik hipotesis melibatkan pengumpulan data sampel, perhitungan statistik uji yang sesuai, dan pengambilan keputusan berdasarkan nilai uji statistik tersebut. Keputusan tersebut dapat berupa menolak hipotesis nol atau gagal menolak hipotesis nol.

Kesimpulan

Kalian bisa mengetahui penjelasan Pengertian Estimasi Parameter dan Uji Statistik Hipotesis diatas sehingga kalian bisa memahami apa yang tengah kalian cari saat ini dan semoga informasi diatas dapat memberikan penjelasan yang sangat cukup dan bermanfaat.

Terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa dipembahasan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *