Strategi Penjualan Jangka Panjang agar Bisnis Tetap Jalan

By | July 18, 2023

Sebuah strategi memang perlu kalia butuhkan untuk memulai apalagi mempertahankan bisnis yang kalian milii, banyak sekali sekarang ini para pembisnis mogok di pertengahan jalan hal itu disebabkan karena kurangya strategi yang mereka miliki untuk mempertahankan bisnisnya.

Dengan begitu untuk kali ini kami disini akan membagiakan sebuah Strategi Penjualan Jangka Panjang agar Bisnis Tetap Jalan agar usaha yang kalian jalankan aman-aman saja, berikut penjelasannya untuk kalian semua.

Strategi yang kalian miliki bukan hanya sekedar untuk menjaga usaha atau toko secara offline kalian ketap aman melainkan jika kalian hanya mengandalkan penjualan secara offline maka target pasar kalian tidak akan berkembang dengan cepat.

Melainkan kalian harus memperluas target pasar seperti menggunakan media sosial dan memanfaatkan fitur yang ada didalamnya. Salah satunya dengan beralih ke dunia digital untuk memasarkan maupun menjual produk ke konsumen.

Selain beralih ke digital, ternyata ada beberapa strategi marketing jangka panjang yang perlu dilakukan agar bisnis tetap stabil hingga kedepannya.

1. Fokus pada pelanggan yang sudah ada

Apabila mencari pelanggan baru terasa sulit, tidak apa-apa kalian bisa untuk tetap mempertahankan pelanggan lama yang sudah kalian miliki. Fokus pada yang sudah ada dengan memanjakan mereka, misalnya menyediakan diskon-diskon khusus untuk menjaga loyalitasnya.

Walau hal itu barangkali membuat usahamu tekor, tetapi untuk jangka panjang, kamu bisa saja mendapatkan penghasilan berlipat. Hal ini juga dapat kalian lakukan di toko online yang kalian miliki dan membuat pelanggan setia akan terus kembali memesan di toko online milikmu.

2. Berinvestasi untuk beriklan di media sosial

Dengan kemudahan teknologi sekarang ini membuat konsumen saat ini memilih untuk mencari barang yang mereka ingin lewat platfoam atau aplikasi belanja online sehingga hal ini pun akan dapat menjadi strategi kalian untuk jangkan panjang.

Untuk itu, manfaatkan layanan iklan berbayar di media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter. Kamu bisa menginvestasikan sedikit uang untuk membuat produkmu ditayangkan di Facebook Ads dan sejenisnya.

Dengan begitu, akan lebih banyak orang melihatnya dan mungkin akan menjadi pelanggan barumu.

3. Buat penawaran eksklusif

Kamu bisa membuka penawaran eksklusif, baik untuk pelanggan lama maupun baru. Selain memberikan potongan harga, kamu juga dapat menawarkan voucher belanja. Kamu juga bisa menawarkan voucher sekaligus potongan harga bagi calon pelanggan untuk membuat mereka tertarik.

4. Memperbaiki strategi komunikasi

Strategi penjualan berikutnya adalah memperbaiki komunikasi dengan pelanggan jika selama ini kamu cuma berkomunikasi dengan pelanggan untuk menghadapi keluhan coba lakukan hal lain. Misalnya, dengan mengirimkan email survei kepuasan pelanggan untuk tahu keinginan mereka.

Melalui email, kamu dapat menyapa pelanggan secara personal dengan menyebutkan nama sehingga mereka merasa dibutuhkan dan dihargai.

Selain itu, kamu juga bisa berkomunikasi interaktif dengan pelanggan lewat Live IG dan mendengar langsung keluhan maupun saran mereka.

5. Fokus beriklan di tempat pelanggan berkumpul

Sebelum kamu memutuskan memasang iklan berbayar di suatu platform media sosial, cari tahu dulu kebiasaan target pelangganmu. Kalau bisnismu bergerak di bidang kecantikan, sebagian besar pelangganmu mungkin berada di Instagram, misalnya.

Bisnis kosmetik dan fesyen cenderung menggunakan layanan iklan di Instagram dan TikTok untuk bisnis lainnya kamu dapat mencoba beriklan di Facebook yang penggunanya cukup acak, siapa tahu kamu mendapatkan pelanggan baru dari situ.

Kamu bisa menggunakan Strategi Penjualan Jangka Panjang agar Bisnis Tetap Jalan mana pun agar bisnis atau usaha yang kalian kelola tetap berjalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *